Rechercher dans ce blog

Wednesday, June 7, 2017

10 Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

10 Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android

Pada kesempatan kali ini, Saya akan memberikan tips tentang 10 cara menghemat kuota internet di smartphone Android. Kalian bisa menggunakan tips ini agar kuota internet kalian tidak cepat habis dan lebih irit. Tentunya kalian juga bisa menghemat pengeluaran uang untuk membeli kuota internet yang mahal. Berikut ini 10 cara menghemat kuota internet di smartphone Android.

1. Batasi Penggunaan Data dengan Mengaktifkan Mobile Data Limit
Saya rasa semua tipe Android memiliki fitur Mobile Data Limit. Fitur ini berfungsi untuk memberikan kalian peringatan pada saat penggunaan kuota telah melebihi batas yang sudah ditetapkan. Kalian bisa memanfaatkan fitur ini di smartphone Android kalian dengan cara menuju Setting / Pengaturan > Data Usage > Set Mobile Data Limit. Mungkin di setiap tipe Android caranya berbeda tetapi intinya tetap sama.

2. Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi pada Akun-akun yang Tidak Penting
Sinkronisasi pada akun-akun yang aktif cukup menguras kuota internet. Jadi nonaktifkan saja sinkronisasi pada akun-akun yang tidak kalian gunakan secara berkala. Caranya masuk Setting / Pengaturan > Account > Pilih akun yang mau kalian nonaktifkan sinkronisasinya. Hal ini bisa menghemat kuota internet kalian karena aplikasi tidak akan tersambung ke internet secara otomatis.

3. Identifikasi Aplikasi yang Menguras Banyak Kuota
Banyak sekali aplikasi yang memudahkan kalian untuk terhubung dengan internet. Tetapi diantara aplikasi tersebut juga banyak yang cukup menguras kuota internet kalian. Selalu pantau penggunaan jumlah kuota internet pada aplikasi kalian dengan cara masuk Setting / Pengaturan > Data Usage, lalu scroll ke bawah dan kalian akan melihat beberapa aplikasi yang menggunakan kuota internet. Kelola dan gunakan aplikasi yang cukup menguras kuota internet kalian dengan baik.

4. Gunakan Browser yang Memiliki Fitur Data Saver 
Banyak sekali aplikasi browser di Google PlayStore yang menyediakan fitur data saver. Kalian bisa memilih sesuai selera. Di sini Saya menggunakan Chrome Browser. Untuk mengaktifkan data saver pada Chrome Browser, masuk Setting > Data Saver > On. Dengan mengaktifkan fitur ini, secara otomatis browser akan mengompres penggunaan kuota internet kalian hingga 30-35%.

5. Jangan Menggunakan Aplikasi Facebook
Di jaman sekarang ini hampir semua pengguna smartphone Android pasti memiliki akun Facebook. Dengan menggunakan aplikasi Facebook memang lebih mudah untuk mengakses Facebook dengan tampilan yang lebih bagus. Tetapi yang mungkin belum kalian ketahui, aplikasi Facebook ini menguras banyak sekali kuota internet. Tidak hanya itu saja, aplikasi Facebook selain menguras banyak kuota juga banyak menguras baterai smartphone Android kalian, sehingga baterai smartphone Android kalian menjadi lebih boros. Jadi, untuk tetap bisa mengakses Facebook lebih baik mengaksesnya menggunakan browser saja agar lebih menghemat kuota internet. 

6. Non-aktifkan Auto-Update pada Aplikasi
Aplikasi-aplikasi pada smartphone Android setiap kali selalu memberikan pembaruan. Tentunya hal ini banyak sekali menguras kuota internet, jika kalian mengaktifkan fitur Auto-Update pada aplikasi. Untuk menonaktifkan fitur Auto-Update pada aplikasi, kalian cukup masuk ke PlayStore, kemudian setting opsi Auto-Update menjadi Do not auto-updates apps atau kalian bisa memilih Auto update apps over WI-FI only apabila kalian menginginkan update aplikasi otomatis saat terhubung ke jaringan WI-FI.

7. Ubah Fitur Navigasi Google Maps ke Mode Offline
Menggunakan Google Maps saat dalam perjalanan memang memudahkan kalian untuk mengetahui arah jalan. Tetapi untuk menggunakan Google Maps harus mengaktifkan data dan cukup banyak menguras kuota internet kalian. Maka cara terbaik untuk tetap bisa mengakses Google Maps dengan menghemat kuota internet yaitu dengan cara mengubah fitur Google Maps kalian ke mode offline. Caranya, kalian bisa menekan search bar di dalam aplikasi Google Maps, lalu scroll ke bawah sampai menemukan opsi "Save map to use offline".

8. Gunakan Aplikasi Mailbox Untuk Keperluan Email
Penggunaan email ini sebenarnya juga cukup menguras kuota internet kalian saat membuka email masuk, mengunduh atau mengunggah file attachment. Untuk mengatasi hal tersebut sangat mudah sekali, kalian hanya perlu mengunduh aplikasi Mailbox yang telah tersedia pada platform Android. Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian bisa lebih menghemat kuota internet saat menggunakan email.

9. Jangan Menggunakan Data Ketika Bermain Game Online
Buat kalian penggemar game online, apabila kalian ingin menghemat kuota internet, jangan pernah bermain game online menggunakan data, karena hampir semua game online pada smartphone Android memakan kuota yang cukup tinggi. Mainkan game online ketika smartphone Android terhubung ke jaringan WI-FI saja. 

10. Batasi Penggunaan Data di Background
Terkadang pengguna smartphone Android tidak menyadari kalau cepat habisnya kuota internet disebabkan oleh penggunaan data pada aplikasi yang berjalan otomatis di background smartphone Android. Untuk mematikan penggunaan data  pada aplikasi yang berjalan otomatis di background, kalian bisa masuk ke Setting / Pengaturan > Data Usage > Tekan menu yang ada di atas sebelah kanan > Tekan "Restrict background data" > Ok. Dengan ini, memang kalian bisa menghemat kuota kalian lebih banyak, akan tetapi notifikasi yang masuk pada smartphone Android kalian akan terlambat.

Demikian tips tentang 10 Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa membantu. Apabila ada pertanyaan atau pendapat, kalian bisa bertanya atau berpendapat melalui komentar di bawah dan sampai jumpa di artikel Saya selanjutnya. 10 Cara Menghemat Kuota Internet di Smartphone Android : http://ift.tt/2sfLk6b

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Weekly meal planner: Tex Mex family favourites - Good Food

https://ift.tt/uCX5ivW [unable to retrieve full-text content] Weekly meal planner: Tex Mex family favourites    Good Food "food rec...

Postingan Populer