Rechercher dans ce blog

Monday, June 26, 2017

7 Kebiasaan Pengguna Smartphone yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis

7 Kebiasaan Pengguna Smartphone yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis

7 Kebiasaan Pengguna Smartphone yang Membuat Kuota Cepat Habis | Smartphone saat ini memang sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Smartphone kini memiliki spesifikasi yang bervariasi, dari yang memiliki spesifikasi yang rendah dengan harga yang murah, sampai spesifikasi yang tinggi dengan harga yang mahal. Bahkan saat ini sudah banyak sekali smartphone yang spesifikasinya melebihi spesifikasi laptop.

Selain itu, koneksi internet juga sangat dibutuhkan oleh pengguna smartphone saat ini. Karena percuma apabila memiliki smartphone dengan spesifikasi yang tinggi tanpa koneksi internet, ibaratkan seperti makan nasi tanpa lauk. Maka dari itu, kini kuota internet sudah menjadi kebutuhan yang pokok bagi setiap pengguna smartphone. Apalagi kini jaringan 4G LTE sudah hadir di berbagai wilayah di Indonesia dan bisa dinikmati oleh pengguna smartphone dengan harga kuota internet yang lebih murah dan memiliki kecepatan lebih tinggi.

Salah satu kendala atau masalah yang kerap kali dihadapi pengguna smartphone yaitu mahalnya biaya kuota internet itu sendiri. Di Indonesia biaya kuota internet dari semua operator memang cukup mahal. Bahkan karena mahalnya harga kuota internet ini, beberapa waktu yang lalu sempat terjadi peretasan pada beberapa situs operator. Seseorang mendeface situs operator tersebut karena mengeluh terhadap biaya kuota internet yang mahal. Walaupun begitu, kebanyakan para pengguna smartphone sendiri terkadang tidak sadar terhadap kebiasaannya dalam penggunaan kuota internet yang boros. Penggunaan yang boros tersebut kebanyakan biasanya untuk kebutuhan hiburan seperti streaming video atau game online. Berikut ini 7 Kebiasaan Pengguna Smartphone yang Membuat Kuota Cepat Habis.

1. Streaming Video di YouTube

7 Kebiasaan Pengguna Smartphone yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis

Kebiasaan boros kuota pengguna smartphone yang pertama adalah streaming video di YouTube. YouTube merupakan situs streaming terbesar, terlengkap, dan menjadi situs streaming nomor 1 di dunia. Di dalam youtube memang terdapat banyak sekali video-video atau film yang menarik dan menghibur. Karena itu banyak sekali pengguna smartphone yang suka mengakses YouTube untuk menonton video favorit mereka. Terkadang kebanyakan pengguna smartphone tidak sadar bahwa kuota internetnya cepat habis karena sering digunakan untuk streaming video di YouTube. Jadi, jangan streaming video di YouTube menggunakan paket data. Manfaatkan saja WIFI untuk streaming video di YouTube agar kuota internet kalian lebih hemat.

2. Bermain Game Online

7 Kebiasaan Pengguna Smartphone yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis

Kebiasaan boros kuota pengguna smartphone yang kedua adalah bermain game online. Game online saat ini memang sangat disukai oleh kebanyakan pengguna smartphone. Tidak hanya kalangan anak-anak, kini kalangan orang dewasa juga banyak sekali yang suka memainkan game online tersebut. Apalagi kini juga sudah sangat banyak sekali game online yang tersedia gratis untuk didownload. Pengguna smartphone hanya tinggal memilih game online yang mereka sukai. Terkadang kebanyakan pengguna smartphone tidak sadar bahwa game online tersebut cukup menguras kuota internetnya. Karena memang semua jenis game online harus sering dimainkan agar cepat mendapatkan level yang tinggi. Jadi, apabila kalian tidak ingin kuota internet kalian cepat habis, manfaatkan saja WIFI untuk bermain game online favorit kalian.

3. Auto-Update Aplikasi

7 Kebiasaan Pengguna Smartphone yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis

Kebiasaan boros kuota pengguna smartphone yang ketiga adalah auto-update aplikasi. Fitur auto-update ini tersedia pada smartphone Android. Fitur auto-update pada smartphone Android di playstore ini merupakan fitur yang bisa mengupdate aplikasi secara otomatis apabila aplikasi tersebut tersedia pembaruan. Jadi, semua aplikasi yang ada di smartphone Android menjadi lebih up to date. Tetapi di sisi lain, hal ini mengakibatkan kuota internet menjadi lebih boros dan cepat habis. Bayangkan saja apabila di dalam smartphone Android kalian misalnya terdapat 10 aplikasi, setiap aplikasi berukuran 10-20 MB. Jika aplikasi tersebut melakukan update 2-3 hari sekali, berapa banyak kuota internet yang terkuras? Cukup banyak sekali tentunya. Jadi lebih baik update aplikasi secara manual menggunakan koneksi WIFI dan matikan saja fitur auto-update tersebut pada smartphone kalian. 

4. Menginstall Aplikasi Sosial Media di Smartphone

7 Kebiasaan Pengguna Smartphone yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis

Kebiasaan boros kuota pengguna smartphone yang keempat adalah menginstall aplikasi sosial media di smartphone. Kini semua pengguna smartphone pasti memiliki akun sosial media. Mereka menggunakan sosial media sebagai sarana untuk menjalin hubungan, pertemanan, bisnis, promosi, dan lain sebagainya. Untuk mempermudah mengaksesnya, pengguna smartphone mungkin menginstall aplikasi sosial media di smartphonenya tersebut. Tetapi tahukan kalian, bahwa beberapa aplikasi-aplikasi sosial media sangat boros kuota, khususnya pada aplikasi Facebook dan Instagram. Kedua aplikasi tersebut sangat boros sekali kuota. Jadi, untuk mengakses sosial media Saya sarankan menggunakan browser saja apabila bisa diakses menggunakan browser untuk menghemat penggunaan kuota internet.

5. Menggunakan Instagram Untuk Menonton Video

7 Kebiasaan Pengguna Smartphone yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis

Kebiasaan boros kuota pengguna smartphone yang kelima adalah menggunakan Instagram untuk menonton video. Kini sebagian besar pengguna smartphone pasti memiliki akun Instagram. Di Instagram memang banyak sekali konten-konten dalam bentuk foto dan video yang sangat menarik. Tetapi untuk menonton video di Instagram tersebut cukup menghabiskan kuota penggunanya. Sama halnya dengan streaming video di YouTube, menonton video di Instagram dapat menghabiskan kuota internet dengan cepat. Jadi, apabila kalian mengakses Instagram menggunakan paket data, jangan menonton video, cukup melihat foto-foto saja. Kalian bisa menonton video saat terhubung di dalam jaringan WIFI untuk menghemat kuota internet kalian.

6. Video Call

7 Kebiasaan Pengguna Smartphone yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis

Kebiasaan boros kuota pengguna smartphone yang keenam adalah menggunakan video call pada saat menelpon. Di jaman yang maju seperti pada saat sekarang ini perkembangan teknologi memang sangatlah cepat. Dulu untuk menelpon saja susah dan biaya telpon juga mahal. Tetapi sekarang kita bisa menelpon seseorang dengan tatap wajah dengan biaya yang tidak semahal telepon dulu. Cukup menggunakan aplikasi chatting yang menyediakan fitur video call saja. Namun, untuk melakukan video call ini cukup menyedot kuota internet para pengguna smartphone. Jadi, gunakanlah fitur video call ini pada saat hal yang penting saja. Apabila tidak terlalu penting, cukup dengan menggunakan telepon suara agar kuota kalian tidak cepat habis karena terlalu sering melakukan video call.

7. Terlalu Sering Berbagi Mobile Hotspot

7 Kebiasaan Pengguna Smartphone yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis

Kebiasaan boros kuota pengguna smartphone yang ketujuh dan terakhir ini adalah mereka terlalu sering berbagi mobile hotspot. Berbagi mobile hotspot kepada orang lain memang merupakan hal yang baik, tetapi jangan terlalu sering berbagi mobile hotspot karena hal tersebut akan membuat kuota internet kalian cepat habis. Berbagilah mobile hotspot kepada saat orang lain memang benar-benar membutuhkan koneksi internet, dan jangan malas untuk selalu memantau kuota internet yang dikeluarkan pada mobile hotspot.

Itulah 7 Kebiasaan Pengguna Smartphone yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis pada artikel Saya kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Apabila ada pendapat atau masukkan, kalian bisa berpendapat atau memberikan massukan pada komentar di bawah, dan sampai jumpa di artikel Saya selanjutnya. 7 Kebiasaan Pengguna Smartphone yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis : http://ift.tt/2tflobe

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Weekly meal planner: Tex Mex family favourites - Good Food

https://ift.tt/uCX5ivW [unable to retrieve full-text content] Weekly meal planner: Tex Mex family favourites    Good Food "food rec...

Postingan Populer